https://picasion.com/

Kenali Modus Bank Daerah Dalam Modus Finance Fraud

Salah Satunya Bahaya finance Fraud

Yuk para Triger Trinusa kenali apa itu Fraud.Finance Fraud adalah kecurangan dalam laporan keuangan dengan sengaja untuk menipu pemilik hak dari laporan keuangan tersebut.

https://picasion.com/

Contoh Kasus Finansial Fraud

 

Di kabarkan oleh KARYANASIONAL (30/8/2022). Adanya laporan dugaan Tindak pidana Fraud yang ada di Bank Lampung.

 

Pelapor yang mengajukan pinjaman kredit kepada pihak Bank Lampung Cabang Kota Metro senilai Rp. 2,75 miliar guna penambahan modal usahanya.

 

Setelah pinjaman disetujui oleh pihak Bank Lampung Cabang Metro senilai 2,75 miliar, ia tidak menerimanya dengan nominal uang sesuai dengan kontrak. Hal ini disebabkan adanya penyalahgunaan wewenang dari salah satu pegawai Bank Lampung, yakni adanya pemalsuan buku rekening nasabah ganda tanpa sepengetahuan pihak Pelapor (Fraud).

 

Apa itu Fraud?

 

Pengertian fraud adalah penyajian laporan keuangan palsu secara sengaja dengan menghilangkan atau menambahkan jumlah tertentu untuk menipu pemilik hak dari laporan keuangan tersebut.

Contoh fraud adalah penipuan pajak, penipuan kartu kredit, penipuan sekuritas, dan penipuan-penipuan keuangan yang lain. Fraud sendiri dapat dilakukan oleh satu individu, kelompok maupun perusahaan secara utuh.

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian dari apa itu fraud adalah serangkaian ketidakberesan (irregularities) dan perbuatan melawan hukum (illegal act) yang dilakukan oleh suatu pihak guna mendapatkan keuntungan pribadi.

 

Jenis-Jenis Fraud

 

Sesuai dengan pengertian fraud, berikut adalah jenis-jenis fraud yang biasa terjadi di lingkungan perusahaan berdasarkan bentuknya.

 

1. Korupsi

Korupsi adalah salah satu contoh fraud yang paling marak terjadi di Indonesia. Korupsi biasanya berbentuk penyuapan, pemerasan, atau penyalahgunaan informasi suatu instansi. Wujud yang dapat terbentuk dari fraud jenis ini adalah gratifikasi atau pemberian hadiah demi kepentingan jangka panjang.

 

2. Pencucian dan penggelapan uang

 

Pencucian dan penggelapan uang adalah jenis kasus fraud di Indonesia yang berkorelasi dengan white collar crime. Dalam jenis penipuan ini pelaku akan menyalahgunakan aset yang dipercayakan padanya.

 

Contohnya adalah multi level marketing dengan skema Ponzi. Jadi, pelaku akan menggelapkan aset para investor yang dipercayakan padanya.

 

3. Pencurian data

 

Pencurian data adalah salah satu jenis kasus fraud di indonesia yang terjadi melalui pengambilan data-data penting instansi atau perusahaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Tindakan ini tidak hanya merugikan perusahaan tetapi juga dapat merugikan masyarakat secara luas.

 

Penipuan jenis pencurian data disebut computer fraud jika pencatatan data baik berupa pembukuan keuangan atau catatan operasional hingga data pribadi suatu perusahaan terpusat pada komputernya.

 

4. Penyimpangan aset

 

Penyimpangan data merupakan salah satu jenis kasus fraud di Indonesia yang paling umum terjadi dalam sebuah perusahaan. Jenis penipuan ini meliputi seluruh tindakan berkaitan dengan pencurian atau penyalahgunaan aset yang dipercayakan pada orang tersebut.

 

Walaupun penyimpangan aset paling banyak terjadi dalam perusahaan, namun penyimpangan ini merupakan yang paling mudah dideteksi selama pencatatan dan pengelolaan keuangan perusahaan dikerjakan dengan baik.

 

https://picasion.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://picasion.com/