https://picasion.com/

Langkah Merumuskan Strategi Corporate Social Responsibility

Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan atau program corporate social responsibility dapat memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan. Peningkatan citra positif perusahaan (corporate image) melalui kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilaksanakan oleh perusahaan selain menjadi added value bagi perusahaan dimata masyarakat, juga dapat menjadi modal dasar untuk penunjang bisnis dan kegiatan operasional perusahaan jika direncanakan dengan baik dan sistematis.

Pelaksanaan program CSR tentu saja perlu dirumuskan dalam strategi yang baik dan matang, agar sejalan dan sesuai dengan visi dan misi pembangunan di masyarakat.

https://picasion.com/

Stategi dasar CSR harus ditetapkan di tingkat eksekutif yang disesuaikan dengan arahan kebijakan pemerintah untuk mencapai target tahunan sesuai dengan rencana pemerintah dengan program SDGs (sustainable development goals).

Menurut saya, program pembangunan masyarakat dan peningkatan SDM, Ekonomi Kreatif, Kesehatan Lingkungan dan Abrasi Pantai merupakan program yg tepat untuk dapat diterapkan di lingkungan masyarakat darah pesisir seperti Kabupaten Bekasi.

  1. SDM — program bersama dengan sekolah SD/SMP dan pemerintahan desa
  2. Ekonomi Kreatif, pelatihan usaha dan sertifikasi keahlian
  3. Kesehatan Lingkungan — sanitasi dan penghijauan/pertamanan
  4. Tanggap Darurat– pengadaan peralatan bencana & program rehabilitasi lahan mangrove.

Yang terpenting dari seluruh pelaksanaan program ini adalah pelaporan kegiatan CSR yang dilakukan. laporan harus efektif dan dapat dipaparkan dengan jelas di media untuk mendorong lembaga dan perusahaan lain ikut serta melakukannya.

Sebagai bentuk keterbukaan informasi terhadap program CSR, perusahaan selain menerbitkan Laporan Keberlanjutan, juga dapat mempublikasikannya secara jelas di berbagai media.

https://picasion.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://picasion.com/