https://picasion.com/

Rapat Konsolidasi Ketua DPD LSM Trinusa Se_Nusantara terkait Jaringan Komunikasi Internal, Ini Notulensinya.

Trinusa.org Sabtu 14/01/2023 Dalam berorganisasi sangatlah diperlukan adanya pengembangan dan penyesuaian tata laksana dalam melakukan komunikasi dan koordinasi organisasi, begitu pula dengan LSM Trinusa yang terus mengembangkan sistem komunikasi dalam rangka membangun kualitas kelembagaan agar dapat mengikuti perkembangan jaman sehingga dapat menjangkau seluruh anggotanya yang tersebar di nusantara demi memajukan Ibu pertiwi yang kita cintai berasama.

Sebagaimana kita ketahui saat ini LSM Trinusa telah berdiri dan melakukan kegiatannya di 8 provinsi di Indonesia, sehingga oleh karena itu sangat perlu untuk menyusun sistem komunikasi internal yang disebut jaringan komunikasi (jarkom). Jaringan komunikasi adalah sebagai suatu saluran atau jalan tertentu yang digunakan oleh LSM Trinusa untuk dapat menggapai informasi dari seluruh anggotanya baik yang bersifat informatif maupun pelaporan kegiatan.

https://picasion.com/

Berdasarkan hal diatas maka DPN LSM Trinusa c.q Divisi Humas (Administrasi, Logistik dan Hubungan Masyarakat) dan Divisi Media (Media dan Informasi) pada hari Sabtu (14/01/23) menggelar Rapat Koordinasi dengan seluruh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) secara daring (online) dengan materi pembahasan “Membangun efektifitas Jaringan Komunikasi LSM Trinusa”, menghasilkan keputusan-keputusan sebagai berikut :

1. Sehubungan diperlukannya upaya untuk melakukan penguatan tata laksana organisasi sesuai dengan AD/PRT maka diperlukan sebuah wadah yang dapat menghimpun jaring komunikasi (jarkom) seluruh jajaran pengurus di seluruh level lembaga, dari mulai DPN, DPD dan DPC.

2. Jarkom dimaksudkan sebagai media informasi resmi kelembagaan untuk penyampaian dinamika perkembangan organisasi dapat berupa aplikasi sosial media (WAG/lainnya), sehingga DPN dapat menyampaikan instruksi secara serentak (series) kepada DPD dan DPC.

3. Jajaran DPN yang akan diikutsertakan dalam jarkom DPN terdiri dari : – Ketum, Sekjen, Bendahara dan Panglima- Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pakar- Ketua Iwani dan Direktur LBH- Para Ketua Divisi

4. Jajaran DPD dan DPC yang akan dimasukan kedalam jarkom DPN yaitu – Ketua, Sekretaris dan Panglima4. Jarkom DPN dalam kondisi tertentu dapat digunakan oleh komponen jarkom untuk menyampaikan informasi strategis yang dapat dipertanggung jawabkan diantaranya prestasi, perkembangan (progress) kegiatan, rencana kegiatan dan kedaruratan.

5. Jarkom DPN dapat juga dijadikan ruang silaturahmi antar jajaran di semua tingkat kelembagaan, penyampaian saran dan gagasan untuk perbaikan organisasi.

6. Selanjutnya dalam rangka koordinasi administratif kelembagaan, DPN membuat jarkom dgn DPD dengan pola aliran informasi secara berurutan (paralel).

7. Jarkom Administratif DPN berisikan.- Ketum, Sekjen, Panglima- Ketua Divisi Humas, SDM & Bela Negara- Para Ketua DPD

8. Di tingkat DPD, jarkom dapat dibuat oleh Ketua DPD yang terdiri dari Jajaran DPD, Korwil dan perwakilan DPN

9. Ditingkat DPC, jarkom dapat dibuat oleh Ketua DPC terdiri dari Jajaran DPC, Korcab, perwakilan DPD dan DPN.

10. Dalam rangka untuk membangun koordinasi antar tingkat kepengurusan DPD dan DPC maka Ketum menunjuk pengurus DPN agar diikutsertakan dalam Jarkom tersebut sekaligus untuk fungsi pembinaan.

Hasil Rapat Koordinasi ini untuk disampaikan kepada Ketua UmumLSM Trinusa untuk segera mendapatkan persetujuan sehingga jarkom LSM Trinusa dapat dimaksimalkan sebagai wahana membangun koordinasi dan komunikasi secara efektif tan tepat guna. (Red)

https://picasion.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://picasion.com/